Keunikan Daerah Asal

           Ada berbagai macam keunikan daerah asal saya Garut yang beraneka ragam. Di sini saya akan menyebutkan beberapa keunikan tersebut, di antaranya:

1. Dodombaan

Dodombaan merupakan kesenian asli dari Garut. Tradisi ini terinspirasi dari hewan domba yang merupakan ciri khas kota Garut. Dodombaan berasal dari satu desa yang berada di kecamatan Bayongbong kabupate Garut. Dodombaan hampir sama dengan tradisi sisingaan yang berasal dari Subang. Perbedaannya dengan dodombaan yaitu, yang digunakan hanyalah domba tiruan.




      2.   Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu seni ilmu bela diri yang merupakan bagian dari kebudayaan Garut. Pencak silat berasal dari daerah Cimanuk Kabupaten Garut. Pencak silat biasanya diiringi dengan music dari gendang, terompet, dan lain-lain. Dengan ciri khas pakaian serba warna hitam yang disebut “pangsi” dengan ikat kepala bermotif batik sunda.





3.  Dodol Garut
            Dodol merupakan salah satu ciri khas dari kota Garut. Dodol biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi siapapun yang berkunjung ke Garut. Dodol dibuat dari tepung beras ketan, kelapa, susu, gula putih, dan bahan pendukung lainnya. Terdapat banyak jenis dari dodol seperti dodol kelapa, dodol durian, dodol wijen. Namun sekarang sudah banyak inovasi dari dodol ini, salah satunya produk bernama Chocodot. Chocodot merupakan olahan coklat dengan isian dodol pertama di dunia.



http://www.inditourist.com/read/tingkatkan-kunjungan-wisata-festival-dodol-nusantara-digelar-tiap-
tahun.html




5. Dikelilingi oleh pegunungan
          Adapun keunikan dari daerah asal saya yaitu Garut. Kota Garut dikelilingi oleh banyak gunung, baik yang berapi maupun tidak. Hanya Garut bagian tenggara dan selatan saja yang tidak tertutup oleh pegunungan. Selain itu kota Garut juga dijuluki sebagai kota Intan. Intan merupakan singkatan dari Indah, Teratur, Aman, dan Nyaman. Julukan ini diberikan oleh Ir. Soekarno pada saat ia mengunjungi Garut untuk memberikan penghargaan Adipura.

https://www.shopback.co.id/blog/fakta-unik-tentang-garut

Get to know more about my campus!
School of Electrical Engineering
Campus


Don't forget to check my friends' blog too!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunggulan Jurusan Teknik Elektro di Tel-U

Kehidupan Asrama